Tip Jalan-jalan Murah, Sebelum Pergi Keluar Negeri

Sebelum Anda pergi keluar negeri, anda harus merencanakan terlebih dahulu secara matang, kesalahan rencana atau salah perhitungan bisa-bisa perjalan anda akan berantakan, dan anda pulang ketanah air dengan kecewa dan sedih, karena tidak bisa mengunjungi obyek wisata yang telah anda rencanakan, terhalang oleh musim, cuaca yang tidak mendukung kunjungi atau  tidak tepat waktunya.

Misalnya Anda mengunjungi obyek wisata karena tidak memperhitungkan atau tidak tahu bahwa tempat yang anda kunjungi sedang musim hujan sehingga anda berkunjung kesana sedang turun hujan terus-terus ditambah anda tidak membawa perlengkapan dimusim hujan seperti payung dan jas hujan, sehingga anda berkunjung kesana seolah-olah sia-sia dan tidak bisa mengunjungi atau menikmati obyek wisata yang anda impikan.

Atau anda terlalu santai menikmati dikamar hotel/hostel/motel, sehingga anda bangun terlalu siang, padahal tempat yang akan anda kunjungi harus pagi-pagi datangnya,  karena anda datang terlalu siang pergi ketempat obyek wisata,  sehingga perahu nelayan sudah pergi melaut dan harus datang besok pagi lagi, berarti anda membuang uang dan waktu dengan percuma.

Contohnya jalan-jalan ke obyek wisata Taman Negara Bako Serawak,  dan melihat batu berbentuk kepala Naga. Bila anda datang kekampung Bako terlambat Siang hari maka para nelayan sudah pergi melaut dan air lautnya  sudah surut jadi sulit untuk menyeberang karena  satu-satunya alat transpotasi disana  ke Taman Negara Bako Serawak adalah perahu nelayan.

Dari beberapa contoh diatas dapat ditarik kesimpulan, bila anda senang traveling, perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat penting agar segala kerja dan usaha anda tidak terbuang dengan percuma.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum berangkat keluar negeri  atl :

– Kapan mau bepergian keluar negeri, berapa lama anda tinggal disana  ?

– Tempat Wisata mana saja yang akan paling minat dikunjungi ?

– Perhatikan Cuaca, Temperatur,  Musimnya dan bawa perlengkapan secukupnya.

Dimana anda akan bermalam dirumah teman, rumah saudara,  sewa bangsal/ Dorm, Hostel,  Apartemen atau Hotel ?

Membawa Mata Uang yang disesuaikan dengan negara tujuan dan Credit Card, plus uang dalam bentuk USD (bila kehabisan uang bekal, karena uang USD paling mudah ditukar dinegara tujuan dan USD dapat diterima diberbagai negara).

Membawa barang bawaan secukupnya,  disesuai dengan jumlah hari kunjungannya, jangan bawa barang berlebihan (bayar mahal).

Beli Tiket jauh-jauh hari, sebelum memutuskan membeli tiket penerbangan bandingkan terlebih dahulu harga tiket masing-masing maskapai.

Perhatikan masa berlaku Pasport (masa berlaku dinegara tujuan minimal 6 bulan sebelum habis harus diperpanjang terlebih dahulu)

Membuat Visa bisa dilakukan sendiri atau melalui jasa travel biro.

– Sediakan peta, obat-obatan pribadi, pasta gigi, sikat gigi dll.

Rencanakan dengan matang rute yang akan dikunjungi,  transpotasi yang akan digunakan, jarak ke tempat wisata, dan jarak ke airport.  Ini semua perlu diperhitungkan, misalnya semua obyek wisatanya  jauh dari bandara, berarti menginapnya  jangan dekat dengan bandara,  anda akan rugi ditranspotasi bolak-baliknya, tetapi dekat dengan obyek wisata  atau sebaliknya, terutama bila anda berkunjung ke Jepang, biaya disana sangat mahal, terutama naik taxi.

Posted on 22 Januari 2012, in Tips Jalan-jalan Murah and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: