Akhir Tahun di Kuching Sarawak Malaysia

Perjalan kali ini kami ini memilih ke Kuching Sarawak Malaysia untuk berlibur akhir tahun, berangkat dari Jakarta ke Kuching, pada tanggal 24 Desember 2009 s/d 26 Desember 2009,  kami memperoleh 4 buah Tiket Pesawat Terbang murah berikut Hotel 2 kamar tidur, antar jemput dari Bandara Kuching ke Hotel pulang pergi, bermalam selama 2 malam, 3 hari, total tagihan  semuanya  Rp.2.849.796,-, jadi perorang cuma bayar Rp.712.449,-.

Hari ke-1,  24 Desember 2009 ” The Astana, Jalan-jalan sekitar Hotel”

Pagi-pagi buta kami sekeluarga 4 orang berangkat dari Bandung menuju Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta (Cengkareng Airport),  dibandara ini ada 2 Terminal, Terminal 1  untuk Penerbangan Domestik dan Terimanl 2 untuk Penerbangan International,  setelah sesampainya dibandara Terminal 2 kami menuju Pintu Gate 2D,  di gate ini banyak dipakai untuk Maskapai Penerbangan Internasional seperti :

  •  Quantast Airways
  • Qatar Airways
  • Air Asia
  • Value Air
  • Phillipine Airlines
  • China Southern Airlines
  • Eva Air
  • Singapore Airlines
  • Thai Airlines
  • China airlines
  • Cathay Airlines
  • Malaysia Airlines
  • Lufthansa Airlines
  • Kuwait Airlines
  • Japan Airlines
  • Yaman Airlines
  • Saudi Arabia Airlines
  • Emirates Airlines
  • Air India

Sedangkan diterminal 2E International, dipakai untuk Maskapai Penerbangan :

  • Garuda Indonesia
  • Korean Airlines
  • KLM Royal Dutch Airlines
  • Gulf Air

Setelah masuk Gate 2D, kami menuju  loket tiket pesawat terbang, menukar Tiket (Flight Booking) dengan Bording Pass, setelah itu mengurus dokumen-dokumen, bayar Airport Tax Rp.150.000,-/orang, lalu melalui bagian  Imigrasi, menyerahkan Passport & Tiket,  lalu didalam Passport dicap, tertera dipassport tanggal  keluar dari Indonesia, ( ini penting bagi kita semua bila keluar dan masuk Indonesia harus dicap, tanggal masuk dan keluarnya, kalau nggak ada bisa berabe urusannya panjang ).

Setelah selesai semuanya lengkap, baru bisa bernafas lega, kami berjalan menuju waiting room, menunggu keberangakatan, pesawat berangkat jam 13.10, lamanya perjalanan dari Jakarta ke Kuching 2 jam 40 menit.

Tepat Jam 15.50, kami tiba di Bandara Internasional Kuching Malaysia,  kemudian kami dijemput dibandara dan diantar ke Hotel, setelah chek in kami keluar dari hotel untuk jalan-jalan menyusuri Sungai Sarawak,  melihat  The  Astana,  perjalan kurang lebih 15 menit dengan berjalan kaki, sore itu kami menyusuri Sungai Sarawak dan tiba didepan The Astana untuk ber foto ria.

The Astana dibangun pada tahun 1870 oleh Charles Brooke  dan  Astana diberikan kepada istrinya  Margaret sebagai hadiah Pernikahan.  Sekarang Astana dipakai sebagi tempat kediaman resmi Kepala Negara Sarawak.

Tidak terasa hari mulai gelap, lampu-lampu mulai menyala, dan kami berjalan kaki disepanjang sungai dan mangkin malam mangkin ramai cafe-cafe makanan/restoran membuka usahanya disepanjang pinggiran sungai Sarawak ditambah dengan alunan musik sehingga menambah suasana romatis.

Bagi kami dengan adanya cafe-cafe disepanjang sungai Sarawak membuat kami  tidak usah repot mencari makan malam,   karena disana banyak dijajakan makanan, harga makanan disana kira-kira antara 10-15 Ringgit/perporsi tergantung apa yang kita makan, misalnya Nasi Lemak 7 RM, Minuman Dingin 3 RM.   Setelah istirahat sejenak disepanjang sungai Sarawak  sampailah ditempat Patung-patung Kuching untuk mengambil foto.

Hari ke-2 , 25 Desember 2009  ” Taman Negara Hutan Bako-Sarawak”

Pagi-pagi kami sudah bangun, pergi kestation Bis dengan berjalan kaki  tepatnya dijalan Mesjid dibelakang Mesjid Kuching,  terdapat station umum ke kampung bako, kami  membooking Mini Bus  ke Kampung Bako merupakan daerah perkampungan nelayan, dan ada beberapa cara untuk pergi ke kampung Bako, bisa naik Bis, Taxi atau Mini Bus,  paling murah naik bis bila naik bis bayar 3 RMB tapi harus menunggu sampai penuh baru berangkat , kalau naik Taxi mahal kurang lebih 120 RM, pilihan terakhir adalah naik Mini Bus, harga sewa Mini Bus 30 RM permobil, langsung berangkat sehingga lebih cepat sampai di kampung Bako, karena menurut  informasi dari penduduk setempat kalau terlalu siang ke kampung bako, maka Air sungainya surut dan susah untuk menyemberangnya Taman Negara Bako.

Perjalanan kekampung bako cukup jauh kurang lebih 1,5 jam perjalanan, setelah sampai  dikampung bako, untuk masuk  ke Taman Hutan Bako setiap pengunjung dikenai biaya masuk 9 RM perorang, kemudian kami menyewa boot untuk  menyebrang ke Taman Negara Hutan Bako. Harga sewa boot pulang pergi dari kampung bako ke Taman Hutan Bako 100 RM.

Taman Negara Bako Sarawak dengan luas 27 km2, taman ini terkenal karena habitatnya yang asli, dan kehidupan liarnya ( monyet, orang hutan, babi hutan dll ),  taman ini berhadapan dengan  Laut China Selatan.

Bagi orang awam atau turis kadang-kadang takut masuk hutan karena takut nggak bisa pulang alias tersesat didalam hutan, tapi di taman ini kita bisa masuk ke taman hutan ini dengan tidak ragu-ragu lagi karena banyak petunjuk jalan, asal jangan memotong jalan misalnya cari jalan alternatif bisa tersesat, karena tidak ada pos-pos penjagaan didalamnya  untuk dimintai keterangan. Paling aman ikuti petunjuk jalan setapak, jalannya naik turun berliku-liku dan ditengah-tengah hutan masih banyak orang hutan bergelantungan dipohon-pohon besar dan pada akhirnya sampai dipantai yang sangat indah, berhadapan dengan Laut China selatan, pantai yang bersih  pasir putih, kami beristirahat sejenak 30 menit, dan harus kembali lagi ketempat semula di dermaga Taman Negara Bako, perjalanan kami kurang lebih 2 jam dari dermaga Taman Hutan Bako sampai ke pantai, jadi pulang pergi 4 jam.

Setelah keluar dari Taman Hutan Bako,  kami menunggu didermaga menunggu  jemput datang, tidak berapa lama sebuah boot datang menjemput kami,  nelayan  itu melambai-lambaikan tangan menyuruh kami datang ketempatnya, karena boot tidak bisa merapat didermaga karena air sungainya sudah surut, sehingga  kami harus berjalan ketengah pantai untuk naik boot, berbeda ketika kami datang air sungai pasang, sehingga bisa langsung merapat didermaga.  Sesampainya di kampung Nelayan Bako, kami langsung makan siang disana karena  jam sudah menunjukan jam 15.00,  sambil makan siang kami menunggu angkutan umum datang tetapi yang ditunggu tidak datang-datang juga, yang ada cuma taxi,  kami coba menanyakan berapa ongkos sewa taxi dari kampung nelayan ke Hotel,  sopir itu meminta bayaran 120 RM,  karena tidak ada kesepakatan harga jadi batal naik Taxi.  Tiba-tiba Bis datang, kami langsung menyetopnya dan naik bis, ongkos naik bis dari kampung Bako ke Station Bis cuma bayar 3 RM  perorang.

Sesampainya distation Bis kami jalan kaki pulang ke hotel di jalan Tuanku Abdul Rahman untuk bermalam disana dan mengumpulkan tenaga karena kami pada hari ini sangat lelah naik turun Hutan Taman Bako.

Hari ke-3,  26 Desember 2009  ” Kembali ketanah air Indonesia”

Pagi-pagi kami sudah bangun,  beberes  dan  cari oleh-oleh souvenir untuk dibawa pulang ke Indonesia,  setelah check out kami menitipkan koper-koper kepihak hotel dikenai biaya perkoper 3 RM.  Pesawat kami berangkat Jam 16.20, oleh sebab itu kami masih punya banyak waktu untuk cari souvenir,  dan menyempatkan diri jalan-jalan disepanjang sungai Sarawak,  setelah kegala keperluan yang akan dibawa  komplit kami makan siang dan kembali kehotel.  Jam 13.00 kami diantar ke Bandara International Kuching Malaysia, sesampainya dibandara kami mengurus dokumen-dokumen kepulangan kami ke Indonesia. Setelah selesai kami menunggu di waiting Room, menunggu keberangkatan.

Posted on 27 Desember 2009, in Akhir Tahun Di Kuching Serawak Malaysia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: